Home » » Uniknya Boneka Dari Akar Wangi

Uniknya Boneka Dari Akar Wangi

Written By Gempurlagi2 on Rabu, 17 April 2013 | 20.20

Mahasiswa tidak selalu identik dengan tawuran. Mahasiswa juga terkenal kaya akan kreativitas dalam berwirausaha. Berbekal kemampuan memanfaatkan kekayaan alam di Indonesia, Tatang Gunawan beserta rekan-rekannya di Institut Pertanian Bogor (IPB), membuat boneka berbahan dasar akar wangi berlabel “Bokangi and Friend”.

Industri kecil ini berfokus pada produksi dan pemasaran kerajinan berbahan baku akar wangi. Bokangi juga mengedepankan konsep pemberdayaan masyarakat. Akar wangi adalah tanaman khas tropica dengan wewangian khas. Tanaman yang menghasilkan minyak atsiri ini biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum dan kosmetik.


Proyek Tatang dan timnya ini bertujuan mengembangkan komoditas pertanian lokal yaitu akar wangi, dengan disisipkan pesan-pesan universal. "Oleh karena itu inovasi produk Bokangi yang memanfaatkan akar wangi harus terus dikembangkan," ujar Tatang, seperti dikutip dari Okezone.

Mahasiswa Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB ini memaparkan, ada 22 jenis produk berbahan bakar akar wangi yang mereka buat. Beberapa contoh di antaranya adalah Bokangi Orang Utan, Bokangi Bebek, Bokangi Domba, Bokangi Pin IPB, Bokangi Gantungan IPB, Bokangi Gantungan Batik, Bokangi Replika Monas, Bokangi Replika Tugu Kujang, Bokangi Replika Tugu Monas, Bokangi Replika Gedung Andi Hakim Nasoetion, Bokangi Tempat Flash Disk, dan Bokangi Kotak Pensil.


"Produk-produk tersebut pun dibanderol dengan harga mulai dari Rp3.000 untuk Bokangi gantungan kunci, hingga Rp100 ribu untuk Replika Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion," Tatang mengimbuh.

Usaha yang dirintis sejak awal Februari 2012 tersebut telah membuktikan bahwa berwirausaha tidak hanya soal berjualan tetapi juga edukasi. Tatang dan timnya senantiasa memodifikasi desain agar terlihat modern, mengikuti tren dan menyesuaikan keinginan konsumen (market oriented). Tidak heran, Bokangi pun berperan dalam peningkatan nilai ekonomis akar wangi.

"Impian Bokangi ke depan adalah 'Menjadikan Bokangi sebagai souvenir khas Indonesia yang dikenal dunia,'" kata Tatang penuh harap.

Eboneka.com
Menyediakan segala macam tentang boneka.
Melayani Grosir Boneka dan Eceran Boneka dengan kualitas yang bagus dan harga yang bersaing, kepuasan anda sebagai konsumen adalah tujuan utama kami
Semuanya hanya di Eboneka.com.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS